Pembangunan Zona Integritas

          Pelaksanaan Reformasi Birokrasi sejak tahun 2009 terus dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025, saat ini pelaksanaan Reformasi Birokrasi telah memasuki periode kedua dan akan menuju periode ketiga atau periode terakhir masa berlaku Road Map. Pada periode pertama hingga periode kedua telah tercapai banyak kondisi yang mendukung sasaran Reformasi Birokrasi, yaitu birokrasi yang bersih, akuntabel, dan berkinerja tinggi; birokrasi yang efektif dan efisien; dan birokrasi yang mempunyai pelayanan publik yang berkualitas. Birokrasi sebagai pelaksana tugas pemerintah terus melakukan perubahan dalam mencapai sasaran Reformasi Birokrasi dengan meningkatkan kualitas pelayanan publik serta memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

          Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Blitar telah mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di tahun 2018 dan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Tahun 2019. Kedua predikat ini diberikan kepada Instansi pemerintahan yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui Reformasi Birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Selain itu, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Blitar juga telah memenuhi seluruh komponen pengungkit yang menjadi faktor penentu pencapaian sasaran hasil Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM.

          Terdapat 6 (enam) komponen pengungkit, yaitu Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Berikut akan dijabarkan tentang ke enam faktor pengungkit beserta program kerja dan inovasi Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Blitar di setiap faktor pengungkit dalam rangka meraih predikta WBK dan WBBM.

1. Manajemen Perubahan
2. Penataan Tata Laksana
3. Penataan Manajemen SDM
4. Penguatan Akuntabilitas Kinerja
5. Penguatan Pengawasan
6. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Berita Terkini

Program Pelayanan ISTANA (Imigrasi Tiba Untuk Anda)Kantor Imigrasi Blitar di GOOSE COFFEEWORK Tulungagung

Jumat(22/10) Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Blitar melaksanakan program ISTANA di Goose Coffee Workshop Tulungagung. Sebanyak 16 Pemohon Paspor yang telah dilayani dalam program ISTANA kali ini.

Read more

Talkshow Penyebaran Informasi Keimigrasian di Radio PATRIA FM Blitar

Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Blitar melakukan penyebaran informasi keimigrasian Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 36 Tahun 2021 tentang Penjamin Keimigrasian. Penyebaran Informasi Keimigrasian ini disampaikan oleh[…]

Read more

Donor Darah dalam Rangka Menyambut Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2021

Blitar – Kamis (21/10), dalam rangka menyambut Hari Dharma Karyadhika 2021, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Blitar bekerjasama dengan UTD PMI Kabupaten Blitar melaksanakan kegiatan donor darah. Kegiatan ini[…]

Read more